Pengenalan serta pemanfaatan ICT pada anak usia dini

Pada anak usia dini antara (4-6 tahun) merupakan masa perkembangan (golden age). pengenalan serta bimbingan mengenai pendidikan prasekolah untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan anak sangatlah penting sebelum mereka memasuki jenjang pendidikan dasar. Berdasarkan hal tersebut sangatlah diperlukan peranan baik dari orang tua, keluarga maupun para pendidik guna mengembangkan segala potensi yang dimiliki anak. Potensi menurut Anita (2011), meliputi aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosional dan kemandirian, kemampuan berbahasa, kognitif, fisik/motorik, afektif, dan seni. Pendidikan anak usia dini diberikan pada awal kehidupan anak untuk dapat berkembang secara optimal.

Dalam proses pelaksanaan pengembangan potensi anak tersebut dapat dilakukan dengan berbagai hal, mulai dari hal yang sederhana dan mudah. Selain itu pemanfaatan media khusunya ICT juga sangat membantu dalam pengembangan potensi anak, melalui media ini kita dapat dengan mudah mengenalkan  beberapa pengetahuan serta penyampaian materi yang dapat menambah potensi anak dapat disampaikan dengan maksimal karena didukung dengan visual (gambar) maupun audio yang menarik perhatian anak, sehingga proses pengembangan potensi anak dapat terlasana dengan baik.

Penggunaan Media ICT untuk pengembangan potensi anak

Penggunaan Media ICT untuk pengembangan potensi anak

4 thoughts on “Pengenalan serta pemanfaatan ICT pada anak usia dini

  1. Pingback: Pengenalan serta pemanfaatan ICT pada anak usia dini | luchi arii

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s